Jantung bocor bisa disembuhkan dengan operasi

Last Updated on September 8, 2020 by Bagus Herlambang

Penyakit jantung bocor terjadi akibat adanya lubang pada sekat pembatas ruang jantung kanan dengan ruang jantung kiri. Hal ini dapat menyebabkan darah dari ruang jantung kiri menyeberang ke ruang jantung kanan, atau sebaliknya. Jika lubangnya kecil, umumnya tidak menyebabkan keluhan yang berarti dan kadang dapat menutup dengan sendirinya. Namun jika lubangnya besar, jika dibiarkan penyakit jantung bawaan lahir ini bisa menetap sampai lansia. Penyakit jantung bocor yang dibiarkan sampai dewasa dapat menimbulkan gagal jantung, bahkan bisa menyebabkan kematian. Deteksi dini dan terapi yang tepat untuk menutup lubang tersebut dapat menyembuhkan dan mencegah perburukan dari perjalanan penyakit ini. Jantung bocor bisa sembuh dengan operasi penutupan lubang pada sekat pembatas ruang jantung.

Gambar ilustrasi anatomi jantung berikut ini menggambarkan ruang-ruang jantung dan sekat pembatasnya.

Anatomi jantung, ruang-ruang jantung dan sekat pembatasnya.
Anatomi Jantung

Jantung kanan memompa darah menuju ke paru-paru melalui arteri pulmonalis untuk pertukaran gas. Darah yang sudah kaya akan oksigen mengalir kembali ke jantung kiri, untuk kemudian dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.

Dua jenis jantung bocor

Kebocoran sekat pembatas ruang jantung ada dua jenis:

  • Atrial Septal Defect (ASD), lubang pada sekat pembatas serambi jantung.
  • Ventricular Septal Defect (VSD), lubang pada sekat pembatas bilik jantung.
Atrial Septal Defect (ASD), lubang pada sekat pembatas serambi jantung.
Atrial Septal Defect (ASD)
Ventricular Septal Defect (VSD), lubang pada sekat pembatas bilik jantung.
Ventricular Septal Defect (VSD)

Lubang pada sekat jantung ini menyebabkan peningkatan aliran darah ke paru-paru, sehingga lambat laun aliran deras ke pembuluh darah paru-paru ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah paru-paru (hipertensi pulmonal). Jantung yang berusaha melawan tekanan yang tinggi ini akan mengalami pembesaran, sering dikenal oleh awam sebagai pembengkakan jantung. Jika jantung suatu saat sudah tidak bisa lagi melawan tekanan darah yang tinggi ini, maka akan terjadi gagal jantung.

Gejala dan tanda jantung bocor

Pasien-pasien dengan kelainan jantung bawaan ini pada usia bayi dan anak-anak umumnya akan sering mengalami infeksi saluran napas, seperti batuk, pilek, dan mengalami gangguan pertumbuhan, bisa dilihat dari berat badan dan tinggi badan anak di bawah rata-rata anak-anak seumurnya. Jika kebocoran jantung ini tidak terdeteksi sampai usia dewasa, maka dapat menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Sesak napas
  • Cepat lelah
  • Bengkak pada kaki, tungkai, atau terkumpulnya cairan di rongga perut (tanda-tanda gagal jantung).
  • Gangguan irama jantung
  • Stroke
  • Terdengar suara bising jantung pada pemeriksaan auskultasi dada dengan stetoskop.

Pemeriksaan penunjang

Kebocoran pada sekat pembatas ruang-ruang jantung dapat dideteksi secara detil dengan pemeriksaan echokardiografi yang dilakukan oleh dokter spesialis jantung. Pemeriksaan ini kurang lebih seperti pemeriksaan USG pada ibu hamil, namun dilakukan dengan probe khusus untuk jantung, dan dilakukan di dada pasien.

Video Echokardiogram ASD.
Echokardiogram
ASD tampak pada echokardiogram. Panah hijau: color doppler yang menunjukkan aliran darah dari atrium kiri ke atrium kanan melalui ASD.

Terapi jantung bocor

Jantung bocor yang tidak menutup dengan sendirinya, harus dilakukan penutupan setelah dilakukan pemeriksaan yang lengkap terlebih dahulu. Penutupan lubang pada sekat jantung dapat dilakukan dengan cara:

  • Intervensi dengan kateter oleh dokter spesialis jantung.
  • Penutupan ASD atau VSD secara pembedahan yang dilakukan oleh dokter bedah jantung.
Membran buatan.
Penutupan lubang ASD dengan membran/patch buatan.

Foto di atas adalah foto operasi penutupan ASD dengan membran artifisial (foto di-masking agar tidak tampak menakutkan bagi yang tidak terbiasa melihat medan operasi). Selain dengan membran buatan, lubang ASD juga bisa ditutup dengan selaput pembungkus jantung alami milik tubuh pasien sendiri.

Penyebab jantung bocor dan upaya-upaya pencegahannya

Penyebab kelainan jantung bawaan lahir ini tidak diketahui secara pasti. Pada umumnya sekat pembatas jantung ini sudah menutup pada saat bayi dilahirkan. Beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan bayi lahir dengan kelainan ini adalah sebagai berikut:

  • Infeksi Rubella. Ibu hamil yang terinfeksi Rubella (Campak Jerman) pada trimester awal kehamilannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada bayinya.
  • Rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang. Ibu hamil yang merokok atau mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada bayinya.
  • Diabetes atau lupus. Ibu hamil yang menderita diabetes atau penyakit lupus dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada bayinya.

Dari beberapa faktor risiko tersebut, ada tindakan-tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi baru lahir. Misalnya dengan berhenti merokok, tidak mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang, dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Ventricular Septal Rupture

Ventricular Septal Rupture (VSR) atau robekan pada sekat pembatas ventrikel berbeda dengan VSD. Kalau VSD adalah kelainan jantung bawaan, VSR terjadi karena serangan jantung pada orang dewasa, akibat sumbatan total pada pembuluh darah koroner secara mendadak. Meskipun terjadi kebocoran juga pada sekat pembatas jantung, namun mekanisme penyakit dan dampaknya sangat berbeda dengan kebocoran jantung sejak lahir. Pembahasan mengenai VSR berada di luar lingkup bahasan ASD dan VSD. Sedangkan bahasan mengenai sumbatan pembuluh darah koroner dan terapinya, dapat dibaca di artikel penulis mengenai bypass jantung.

Kebocoran pada katup jantung

Jantung bocor perlu dibedakan dengan katup jantung bocor (valve regurgitation). Kalau katup jantung bocor maka ketika jantung memompa darah, bukannya darah terpompa ke luar dari jantung menuju ke pembuluh darah besar, melainkan darah bocor kembali ke dalam jantung, atau kembali dari satu ruang jantung ke ruang jantung sebelumnya (alirannya tidak maju). Ulasan mengenai ini bisa dibaca di artikel penulis mengenai operasi katup jantung bocor.

Penutup

Jantung bocor adalah penyakit jantung bawaan lahir yang dapat diterapi dengan tindakan intervensi kateter atau dengan pembedahan untuk menutup lubang pada sekat jantung. Semakin dini penyakit ini terdeteksi dan semakin cepat penanganannya dilakukan, maka kita dapat mencegah komplikasi kerusakan jantung lebih lanjut dan kerusakan pembuluh darah paru-paru, sehingga hasil terapinya juga tentunya lebih optimal.


Artikel terkait:

Anatomi Katup Jantung

Operasi katup jantung bocor atau katup sempit

Operasi katup jantung berupa perbaikan/penggantian katup bisa menyembuhkan kelainan katup jantung bocor atau katup yang sempit bukaannya.

Bypass Jantung

Bypass jantung atau pasang ring saja?

Bypass jantung dan pasang ring adalah terapi penyakit jantung koroner. Ketahui perbedaannya, indikasi, risiko, biaya & angka keberhasilannya.

Share to Social Media

Diterbitkan oleh Bagus Herlambang

A father, husband, photographer, musician, cardiac surgeon, in that sequence.

Tuliskan komentar Anda

Eksplorasi konten lain dari Bedah Kardiovaskular

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca