Operasi katup jantung bocor atau katup sempit

Anatomi Katup Jantung

Last Updated on September 8, 2020 by Bagus Herlambang

Kelainan katup jantung dapat diterapi dengan operasi. Kelainan katup jantung dapat mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah. Kelainan ini bisa berupa kebocoran katup jantung atau sebaliknya, katup yang sempit bukaannya. Kerusakan katup yang sudah bermakna menimbulkan gangguan pada fungsi pompa jantung tidak cukup diterapi dengan obat-obatan saja. Operasi katup jantung berupa perbaikan atau penggantian katup dapat menyembuhkan kelainan katup jantung tersebut.

Jantung adalah organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sama seperti pompa air di rumah kita, jantung juga memiliki katup, seperti pintu yang membuka ke satu arah. Sehingga darah dapat dipompa dari dalam jantung ke pembuluh darah besar, tapi darah tidak dapat masuk lagi ke dalam ruang jantung, ataupun kembali lagi ke pembuluh darah sebelumnya.

Anatomi Katup Jantung
Gambar penampang jantung jika dibuka, ruang-ruang jantung, katup-katup jantung, dan arah aliran darah melalui katup-katup jantung.

Jika satu atau beberapa katup ini mengalami kerusakan, maka tentu saja fungsi pompa jantung akan terganggu. Sama seperti pompa air yang katup/klep nya rusak, maka pompa tersebut pasti tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk memompa air ke tempat penampungan air. Air tidak akan efektif mengalir ke penampungan air, malah mungkin akan turun kembali ke dalam tanah. Demikian juga dengan jantung yang katupnya mengalami kerusakan. Penderita kelainan katup jantung dapat mengalami sesak napas, cepat lelah, gangguan irama jantung, nyeri dada, pembengkakan jantung, atau penimbunan cairan di beberapa bagian tubuh. Yang paling mudah untuk dilihat adalah kaki menjadi bengkak. Ini terjadi karena cairan darah dari tubuh bagian bawah gagal terpompa oleh jantung, sehingga mengumpul di bagian tubuh bagian bawah, membanjiri ruang-ruang di bawah kulit tungkai/kaki, yang tampak sebagai bengkak (edema).


Di saat wabah virus corona ini banyak orang yang takut untuk datang ke rumah sakit. Namun penderita dengan kelainan jantung juga beresiko untuk mengalami serangan jantung mendadak yang dapat menyebabkan kematian. Bagaimanakah sebaiknya kita menyikapi hal ini? Simak ulasannya dalam artikel mengenai Amankah menunda operasi jantung di masa Pandemi Covid-19?


Katup jantung yang normal

Supaya lebih mudah memahami kerusakan pada katup jantung, ilustrasi berikut ini memberikan gambaran fungsi katup jantung yang normal.

Gambar katup jantung yang normal

Ketika darah dipompa dari Ventrikel kiri menuju Aorta (pembuluh darah besar yang akan mengalirkan darah ke seluruh tubuh), gerakan katup yang normal adalah katup aorta membuka dengan baik, sedangkan katup mitral menutup dengan baik agar darah tidak bocor kembali ke ruang jantung sebelumnya, yaitu atrium kiri.

Kelainan katup jantung

Ada dua jenis kelainan katup jantung:

  • Katup bocor (valve regurgitation)
  • Katup sempit dan kaku (valve stenosis)
Gambar katup jantung bocor atau regurgitasi
Mitral Regurgitation. Katup Mitral tidak menutup dengan baik, sehingga darah bocor kembali ke ruang jantung sebelumnya, tidak efektif terpompa ke Aorta (pembuluh darah besar).
Gambar katup sempit atau stenosis
Mitral Stenosis. Katup Mitral kaku, tidak membuka dengan baik, seperti pintu yang macet tidak bisa terbuka lebar. Sehingga darah terbendung dan sulit dipompa dari atrium kiri ke ventrikel kiri.

Meskipun mekanisme penyakitnya berbeda, namun keduanya sama-sama menyebabkan bendungan aliran darah, sehingga dapat menimbulkan keluhan seperti yang telah disebutkan di atas.

Operasi katup jantung

Operasi katup jantung adalah suatu prosedur pembedahan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang mengalami kerusakan. Jika kondisi katupnya masih memungkinkan untuk diperbaiki, maka saat operasi sebaiknya dilakukan perbaikan katup jantung. Perbaikan katup lebih sulit dilakukan dibanding penggantian katup. Namun jika berhasil, banyak keuntungan bagi pasien, diantaranya pasca operasi pasien tidak perlu minum obat pengencer darah seumur hidup. Hal ini dapat memperkecil risiko terjadinya perdarahan. Yang paling ditakutkan adalah perdarahan di otak atau yang dikenal sebagai stroke perdarahan. Kalau kondisi katupnya sudah tidak memungkinan untuk diperbaiki, maka dokter bedah jantung dapat melakukan penggantian katup jantung dengan katup buatan.

Ada dua jenis katup buatan yang dapat digunakan:

  • Katup mekanik (terbuat dari logam)
  • Katup bio (terbuat dari katup hewan). Di Indonesia umumnya terbuat dari katup sapi.
Operasi katup jantung menggunakan katup mekanik.
Katup buatan dari katup hewan. Operasi katup jantung menggunakan katup bio.

Perawatan pasca operasi

Pasca operasi katup jantung, sebaiknya kontrol secara teratur ke dokter bedah dan dokter spesialis jantung, karena ada banyak hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah meminum obat pengencer darah dan mengontrol tingkat keenceran darah agar terhindar dari komplikasi perdarahan atau katupnya macet karena bekuan darah.


Artikel terkait:

Bypass Jantung

Bypass jantung atau pasang ring saja?

Bypass jantung dan pasang ring adalah terapi penyakit jantung koroner. Ketahui perbedaannya, indikasi, risiko, biaya & angka keberhasilannya.

Jantung bocor bisa disembuhkan dengan operasi

Jantung bocor, penyakit bawaan lahir yang bisa disembuhkan dengan operasi penutupan lubang pada sekat pembatas ruang-ruang jantung.

Share to Social Media

Diterbitkan oleh Bagus Herlambang

A father, husband, photographer, musician, cardiac surgeon, in that sequence.

2 tanggapan untuk “Operasi katup jantung bocor atau katup sempit

  1. Trimakasi buat artikel ya dok..
    Sangat bermanfaat dan membantu saya mengenal dan mengetahui katub jantung. Krn saya baru operasi penggantian katub Mitral di Rs Harkit awal bln 10 lalu

Tuliskan komentar Anda

Eksplorasi konten lain dari Bedah Kardiovaskular

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca